Tuesday, April 26, 2016

11:00 PM - No comments

Auditor Irjen Kemdikbud Periksa Para Kepala SMP dan SMA/SMK di Konawe



Konawe-, Pelaporan Dana BOS tahun 2014-2016 kembali diperiksa. Kali ini yang memeriksa pelaporan para Kepala Sekolah setingkat SMP dan SMA/SMK dilakukan oleh auditor dari Inspektorat Jenderal Kemdikbud. Auditor yang berjumlah empat orang tersebut tiba di Kantor Dinkas Konawe Jum’at (22/4) kemarin dengan diantar langsung oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Prov. Sultra. Kehadiran mereka disambut langsung oleh Sekdis Diknas Konawe Drs. Suprayitno, M.Pd didampingi Manajer BOS Tira L, S.Kom.

Pemeriksaan dilakukan selama dua hari yang dilakukan di dua tempat yaitu Kantor Diknas Konawe dan Aula SMAN 1 Pondidaha. Tira. L, S.Kom menjelaskan bahwa pemeriksaan ini ditujukan kepada Kepala Sekolah setingkat SMP dan SMA/SMK sederajat adalah untuk melakukan koreksi terhadap pelaporan penggunaan Dana BOS. “Pemeriksaan ini tujuannya adalah melakukan koreksi kepada mereka pengguna dana BOS, hasilnya audit nanti akan dikoordinasikan dengan Diknas. Selanjutnya akan ditindaklunjuti, apakah ada perbaikan dalam tata cara penyajian laporan atau pelaporan mereka sudah benar,” kata Tira di kerjanya saat memantau langsung pemeriksaan.


Hari kedua pemeriksaan dilakukan di aula SMAN Pondidaha, Taufik Ilham Putra, S.Pd., M.Pd Kepala SMAN Podidaha mengatakan, pemeriksaan dilakukan di sekolahnya adalah hasil kesepakatan para Kepala Sekolah yang diperiksa dengan Diknas Konawe dan auditor Irjen Kemdikbud. Taufik mengatakan bahwa kesepakatan ini diambil untuk meringankan jarak para auditor yang stay di Kendari selama pemeriksaan sebab mereka juga mengaudit para Kepala Sekolah di wilayah Konawe Selatan.

Pantauan kami, pemeriksaan yang dilakukan sejak pukul 09.00 WITA berlangsung hingga pukul 17.40 WITA. Sebanyak 14 sekolah yang terdiri dari Kepala Sekolah dan Bendahara duduk dan menyajikan laporannya di hadapan empat auditor. Jusmar, S.Pd., M.M Kepala Sekolah SMAN 1 Unaaha yang turut diperiksa merasa bersyukur mendapat tuntunan langsung oleh para auditor dalam penyajian laporan BOS. “Saya merasa bersyukur menjadi salah satu sample dalam pemeriksaan oleh Irjen Kemdikbud ini, sebab selama ini kami dalam penyajian laporan belum terlalu mengetahui seperti apa bentuk baku laporan yang disarankan oleh Kemendikbud”.


Diakhir pemeriksaan, Hanafi yang merupakan ketua rombongan auditor memberikan wejangan kepada para kepala sekolah yang diperiksa. “Jadi hari ini kami telah melakukan pemeriksaan kepada saudara-sudara sekalian, semoga pemeriksaan ini menjadi bahan koreksi bagi penyajian laporan BOS berikutnya. Selanjutnya hasil pemeriksaan ini akan kami laporkan kepada diknas konawe untuk ditindaklanjuti.” Kata Hanafi sembari menutup acara pemeriksaan tersebut.(A.M)

0 comments:

Post a Comment