Friday, April 15, 2016

7:11 AM - 3 comments

KONAWE JADI SASARAN PROGRAM INDONESIA MENGAJAR

Awal April 2016 kemarin Dinas Pendidikan Konawe kedatangan tamu dari Tim Survey Lembaga Indonesia Mengajar. Kehadiran tim survey tersebut adalah untuk meninjau lokasi rencana penempatan pengajar muda dari program Indonesia Mengajar di Kabupaten Konawe.

Untuk diketahui Indonesia Mengajar adalah lembaga rintisan Bapak Anies Baswedan atau Menteri Pendidikan saat ini. Lembaga ini didirikan tahun 2009 dengan  visi Indonesia Mengajar adalah gerakan. Usaha untuk mengajak semua pihak untuk ambil bagian menyelesaikan masalah pendidikan di Indonesia. Cita-citanya adalah terlibatnya seluruh lapisan masyarakat dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa sebagai janji kemerdekaan. Bangsa yang dipenuhi oleh pemimpin berbagai bidang dengan kompetensi global dan pemahaman akar rumput.

Haiva Ratu Muzdaliva yang diutus oleh Indonesia Mengajar untuk meninjau langsung kondisi daerah yang akan dijadikan lokasi penempatan para pengajar muda menjelaskan bahwa untuk tahun 2016 ini Konawe akan kedatangan 10 pengajar muda dari berbagai disiplin ilmu yang akan membantu memajukan pendidikan di Konawe. “Jadi untuk tahun ini salah satu sasaran kami adalah Kab. Konawe. Bulan Juni nanti ada 10 orang yang akan datang kesini (Konawe). Mereka akan bertugas selama setahun, kemudian setahun berikutnya akan digantikan oleh tim lainnya, begitu seterusnya selama 3 sampai 5 tahun,” kata perempuan muda berjilbab ini.

Selanjutnya Haiva, begitu sapaan akrabnya menjelaskan bahwa para pengajar muda ini akan ditempatkan di lokasi yang terpencil sebab menurut mereka bahwa semakin terpencil suatu daerah semakin tinggi pula tingkat kebutuhan gurunya. “Jadi setelah meninjau lokasi saya akan balik ke Jakarta membuat laporan dan paparan data kepada tim lalu diputuskanlah di sekolah mana saja akan ditempatkan para pengajar muda nanti” jelas gadis alumni ITB ini.

Selama kurang lebih seminggu tim dari Dinas Pendidikan Konawe menemani wanita muda ini berkeliling ke daerah terpencil Konawe untuk meninjau langsung lokasi penempatan. Tira Liambo, S.Kom yang turun langsung menemani tim dari Indonesia Mengajar ini menjelaskan bahwa ada beberapa kecamatan yang direkomendasikan Dinas Pendidikan Konawe untuk dijadikan sasaran penempatan. “Kita setelah diskusi dengan Tim Indonesia Mengajar dan juga Bapak Kepala Dinas Pendidikan menyimpulkan untuk merekomendasikan Kecamatan Asinua, Latoma, Padangguni, Soropia dan juga Kecamatan Routa untuk menjadi sasaran penempatan pengajar muda” papar pria berkumis ini.

Selanjutnya Tira yang juga Kasubag Perencanaan Dinas Pendidikan Konawe ini mengatakan bahwa sekolah yang dijadikan sasaran tidak perlu merasa risau karena para pengajar muda ini tidak akan membebani sekolah atau pun daerah dalam hal pembiayaan. “Kita merasa bersyukur adik-adik dari Indonesia Mengajar ini melirik Konawe untuk dijadikan sasaran penempatan, harapan kami semoga kehadiran mereka nantinya akan ikut serta memajukan pendidikan di daerah sasaran penempatan pada khususnya dan Kabupaten Konawe pada umumnya”tutupnya. (A.M)

3 comments:

This comment has been removed by the author.

Sukses Untuk tim Survey nya,,Kami tunggu kedatangan tim Pengajar Muda dari indonesia Mengajar semoga sukses dalam menjalankan tugasnya di kabupaten Konawe.

Post a Comment